fiksi

Si Juki Cari Kerja (Faza Meonk), review

image

Judul : Si Juki Cari Kerja
Komikus : Faza Meonk
Editor : Syafial Rustama
Penata Letak : Irene Yunita
Desain Sampul : Faza Meonk
Penerbit : Bukune
Cetakan 9, 2015
144 halaman, 14 x 20 cm
ISBN : 978-602-220-106-3

Juki ini saya pertama lihat di satu-satunya toko buku ‘agak besar’ di tepian sungai Segah Tanjung Redeb Berau. Untuk komik dengan harga hampir 50k, saya pending membelinya. Tapi mungkin jodoh, dapat juga buku ini dari lelang yang diadakan komunitas Blogger Buku Indonesia.

Konyol sudah jelas, dan saya rasa ini bukan komik anak-anak. Walau begitu keponakan saya umur 2 tahun tertawa lihat sampul depannya ada gambar pocong. Si Congki alias Pocong Pinky teman gaibnya Juki. Engga ada serem-seremnya, wong kain kafannya sprei bunga-bunga warna pink, hahaha.

Di seri ini Juki setelah lulus SMA bertekad mencari kerja. Tidak mau melanjutkan kuliah seperti teman-temannya. Beberapa bab diceritakan macam-macam usaha Juki mencari kerja. Ada Juki yang  terkena jebakan MLM. Tapi yang namanya Juki, dia malah membongkar kedok MLM palsu itu. Di tiap akhir bab ada semacam catatan si penulis Faza Meonk, dengan nama kolom  BACOTANJUKI. Ini saya jepretin di bab cerita MLM halaman 61.

image

Nah, akhirnya happy ending ko’, Juki mendapat ilham dengan bijaksana bagaimana dia meneruskan petualangan mencari kerjanya.
Ketawa terus-terusan saya baca komik ini. Liat mukanya Juki saja pengin ketawa 😂. Biasanya saya cuma ikutin baca di facebook-nya doank. Seru juga baca versi komik cetaknya.

4 bintang dari 5, mungkin mau beli seri Juki yang lain.

Leave a Reply

